Belajar Ilmu Burung Indonesia Terpercaya

Terapi Pasangan Agar Pleci Makin Rajin Bunyi

Banyak cara untuk melatih burung pleci jantan agar rajin mengeluarkan suara ngalas dan ngerolnya yang lantang, mulai dari pemberian pakan bergizi, pemasteran, hingga memberikan terapi pasangan. Terapi ini diyakini dapat meningkatkan performa burung pleci dan membuatnya makin rajin bunyi.

Anda tentu sudah mengerti bahwa pleci merupakan burung koloni. Di alam liar, burung kacamata ini selalu terlihat hidup bersama dengan kelompoknya, baik ketika sedang mencari pakan maupun pada waktu musim berkembang biak.

Hal itu pula yang kemudian diaplikasikan para plecimania sebagai salah satu bentuk perawatan harian untuk burung piaraannya di rumah. Metode koloni yang meniru perilaku alami pleci di alam liar ini dapat memancing burung lebih rajin bunyi.




Perawatan pleci dengan sistem koloni sudah menjadi pola rawatan wajib bagi sebagian besar plecimania yang ingin agar burung peliharaannya makin rajin bunyi. Pengkolonian tidak selalu dilakukan dengan menggunakan beberapa ekor pleci sekaligus, tetapi bisa juga dilakukan dengan memanfaatkan seekor pleci betina.

Terapi pasangan seperti ini bisa menjadi alternatif perawatan bagi plecimania, karena lebih murah-meriah. Kendati demikian, kehadiran seekor pleci betina cukup efektif untuk memaksimalkan kinerja burung kesayangannya. Pleci betina juga dapat merangsang burung jantan rajin mengeluarkan suaranya yang lantang.

Berikut ini beberapa tips memberikan pasangan betina agar pleci jantan makin gacor:

  • Untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan, pilihlah burung pleci betina yang genit / lenjeh. Hal ini dapat diamati dari penampilan dan seringnya burung tersebut memanggil-manggil pleci jantan. Demikian juga ketika mendengar suara pleci jantan, pleci betina umumnya akan membalas sahutannya sambil menggetarkan kedua sayapnya. 
  • Tempelkan atau dekatkan sangkar keduanya hanya pada waktu-waktu tertentu saja. Misalnya ketika sedang dimandikan, dijemur, atau saat beristirahat. Di luar waktu-waktu tersebut, sangkar keduanya sebaiknya digantung dalam jarak yang berjauhan dan hanya terdengar suaranya saja.
  • Jika sudah muncul bonding / ikatan antara pleci jantan dan betina, keduannya akan lebih sering bersahutan. Kondisi tersebut tentu akan memancing burung jantan untuk mengeluarkan suaranya yang paling lantang.
  • Dengan terbentuknya bonding tersebut, maka pleci jantan memiliki jontrot / partner yang bisa membuatnya lebih rajin berbunyi. Partner tersebut tentu saja harus turut dibawa ke manapun sang jantan pergi, termasuk ketika akan dilombakan. 
  • Bagian paling penting adalah selalu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk burung pleci tersebut, termasuk juga menyediakan multivitamin agar kondisinya selalu fit, sebagai salah satu prasyarat burung rajin berbunyi.
Semoga bermanfaat.
Share:

Definition List

Unordered List

Support