Belajar Ilmu Burung Indonesia Terpercaya

Membedakan Burung Terucukan Paling Akurat


Burung Terucukan adalah burung yang sangat tidak diperhitungkan sama sekali oleh kicau mania indonesia yang memang selalu beranggapan kalau burung ini murahan dan tidak bisa dilombakan layaknya seperti burung kicauan yang lain, Namun bagi beberapa kicau mania yang masih berjuang untuk mengangkat citra burung sejenis cucak ijo dan cucak rowo ini.

Kendala yang paling banyak di alami oleh Trulovers ( Sebutan pecinta burung trucukan ) adalah membedakan burung trucukan jantan dan betina, kali ini Forum Hobi Burung akan memberikan tips untuk membedakannya simak ulasan kami berikut ini.

1. Tanda Hitam Pada Mata
Burung trucukan jantan akan memiliki lingkaran mata yang hitam pekat dan gelap berbeda dengan betina yang memiliki lingkar pada matanya berwarna hitam agak keabu-abuan.

2. Kumis Yang Besar
Pada burung trucukan jantan buku kumis terlihat tebal dan besar.

3. Warna Lidah
Bila warna lidahnya kuning sudah jelas itu burung trucukan jantan dan bila berwarna putih maka dipastikan itu adalah betina.

4. Vena
Pada burung trucukan jantan memiliki vena atau anus yang menonjol keatas, kalau betina mempunyai anus yang rata.

5. Bentuk Kepala
Ciri yang satu ini diperlukan pengamatan yang sangat teliti, karena membedakan bentuk kepala tidak mudah. Untuk kepala burung trucukan jantan agak tegak dan terlihat garang karena sering menegakkan jambulnya.

Demikian cara membedakan terucukan jantan dan betina akurat 100% di tahun 2018 ini.
Share:

Definition List

Unordered List

Support